Penyakit Sifilis Menyerang Ribuan Anak Di Indonesia

  • Administrator
  • Kamis, 11 Mei 2023 09:50
  • Health

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap kondisi terbaru yang memprihatinkan, yaitu terjadi peningkatan kasus penyakit sifilis atau raja singa pada sebesar 70 persen selama lima tahun terakhir. Menurut Juru Bicara Kemenkes, dr. Mohammad Syahril, dari tahun 2018 sampai 2022, terjadi peningkatan kasus sifilis dari 12 ribu kasus menjadi 21 ribu kasus saat ini. Hal ini diungkapkan dr Syahril dalam konferensi pers daring, Senin (8/5/2023).

Sifilis atau yang dikenal juga dengan sebutan raja singa adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga bisa ditularkan pada anak-anak dari orang tua. Ada tiga cara bagaimana anak bisa tertular penyakit menular seksual, yakni saat dalam kandungan, saat proses melahirkan, dan saat proses menyusui.

Berdasarkan data, penularan penyakit raja singa atau sifilis dari jalur ibu ke anak menyumbang persentase yang cukup tinggi, yakni sebesar 69 hingga 80 persen. Umumnya, risiko yang akan terjadi pada bayi berupa risiko abortus alias keguguran, anak lahir mati, atau sifilis kongenital alias sifilis bawaan pada bayi baru lahir. dr. Syahril mengatakan bahwa hingga saat ini, hanya sekitar 40 persen ibu hamil penderita sifilis yang sudah diobati. Ia mengatakan, rendahnya angka pasien yang diobati karena faktor suami yang tidak mengizinkan istri untuk tes sifilis dan stigma masyarakat.

"Ibu hamil dengan sifilis yang diobati masih rendah, hanya di kisaran 40 persen. Sisanya alias 60 persen tidak mendapatkan pengobatan sehingga berpotensi menularkan dan menimbulkan cacat pada anak yang dilahirkan," ujar dr. Syahril

Berkaitan dengan hal tersebut, dr. Syahril mengimbau masyarakat Indonesia untuk menghindari aktivitas seksual yang berisiko serta tidak takut untuk melakukan tes HIV dan sifilis di fasilitas pelayanan kesehatan. Terlebih, tes HIV di puskesmas tidak dipungut biaya alias gratis. "Untuk itu, kita menghimbau pasangan yang sudah menikah agar setia dengan pasangannya untuk menghindari seks yang berisiko. Bagi yang belum menikah agar menggunakan pengaman untuk menghindari hal-hal yang berisiko untuk kesehatan," imbau dr. Syahril.

 
raja singa baketeri bayi sifilis

Komentar

0 Komentar