Di Balik Tren “Yoongi Marry Me”, Saat Para Cewek Menemukan Kriteria Suami Idaman Pada Suga BTS

  • Administrator
  • Rabu, 02 September 2026 08:50
  • Trending

Yoongi Marry Me adalah kalimat yang paling sering dilontarkan oleh sebagian besar ARMY, sebutan untuk fandom BTS, kepada Suga BTS yang kemudian menjadi tren kultural ikonik. Mengapa para cewek ini pengen banget kawin sama Yoongi atau Min Yoon-gi atau yang lebih dikenal sebagai Suga BTS ini?

  

Saat konser atau saat mantengin anggota BTS atau Suga sendirian sedang live, teriakan atau spanduk bertuliskan “Yoongi Marry Me” tak pernah absen hadir. Kadang teriakan itu membuat Min Yoon-gi salting dan makin membuat ARMY makin gemas dan kian brutal membombardir sang rapper BTS ini dengan ajakan menikah.

 

Tren kultural ini membuktikan bahwa daya tarik seorang pria tidak selalu berpusat pada standar ketampanan fisik konvensional. Di antara member BTS seperti Kim Tae-hyung (V) atau Kim Seok-jin yang memiliki visual seperti unreal, penampilan fisik dan visual Suga memang terasa lebih terjangkau. Namun, sesungguhnya ada kriteria lain yang membuat cewek-cewek ingin mengajak Suga untuk ke KUA, itu tak lain karena Suga dinilai memiliki definisi nyata dari seorang husband material (kriteria suami idaman).

 

Bagi ARMY, baik yang menemani BTS sejak pertama kali mereka debut pada tahun 2013 atau pun ARMY yang baru masuk fandom setelah BTS sukses, pesona Suga tidak memancar secara instan lewat ketampanan yang mencolok, melainkan lewat kepribadiannya yang kuat dan perlahan-lahan membuat orang jatuh cinta. 

 

Dari berbagai tayangan variety show BTS sejak debut pertama mereka, interaksi di konser, saat live, maupun saat Suga memandu acara bincang-bincangnya, Suchwita, ada beberapa kriteria utama yang membuatnya dianggap layak menjadi suami idaman.

 

Suga memiliki sifat tsundere satu istilah dalam bahasa Jepang yang artinya, di luar terkesan dingin, cuek, dan pendiam. Namun, di balik itu, ia adalah sosok yang sangat hangat dan penuh perhatian yang tenang (quiet kindness). Suga sering kali memperhatikan kebutuhan member lain atau orang di sekitarnya tanpa perlu pamer atau mencari perhatian.

 

Keahlian Suga memasak juga berhasil membuat hati ARMY mleyot. Meski bisa sangat garang saat di panggung, Suga sangat andal di dapur dan bisa memasak berbagai jenis makanan dengan cekatan. Ia tanpa banyak cakap akan memasak makanan buat member lain. Dan masakannya selalu enak. Hmmm… bagaimana pun, cowok yang pintar memasak dan bersedia menyiapkan makanan untuk pasangannya adalah nilai plus bukan sebagai suami idaman? 

 

Suga yang tenang merupakan sosok yang memiliki pemikiran yang sangat matang dan realistis dalam memandang hidup. Kepribadiannya yang tenang dan stabil secara emosional menjadikannya sosok pelindung. Cewek mana coba yang nggak ingin memiliki tempat bersandar yang nyaman dan menenangkan? Bukan hanya itu, Suga juga selalu menghargai orang lain tanpa memadang fisik dan usia. Saat melakukan fansign, terutama di tahun-tahun awal karier BTS, Suga menegaskan bahwa ia tidak pernah menilai seseorang berdasarkan usia. Ini adalah anomali di kultur Korea Selatan yang sangat mengagungkan senioritas.

 

Dan yang tidak bisa ditolak pesonanya adalah Suga sangat jenius dalam bermusik. Dedikasinya terhadap musik sebagai produser, penulis lagu, dan rapper menunjukkan stabilitas finansial dan ambisi karier yang luar biasa. Kecerdasan dan profesionalismenya memancarkan karisma tersendiri.

 

Mantra "Yoongi Marry Me" atau YMM memang telah menjadi lelucon internal (inside joke) terbesar di dalam fandom BTS. Bahkan, sekte YMM ini kian hari kian membesar saja. Menariknya, dari waktu ke waktu, respons Suga pada lamaran ARMY ini juga berkembang, tentu dengan gaya khasnya. 

 

Salah satu tanggapan Suga yang paling legendaris adalah saat dia tersenyum ke arah kamera dan menantang balik dengan berkata, "Bawa dokumen-dokumennya (pernikahan) ke sini. Alhasil, internet pun gempar oleh jawaban ini.

 

Suga juga pernah tersipu malu saat konser di Las Vegas dan melihat spanduk lamaran untuknya bertebaran. Sambil bercanda dia mengatakan, bahwa mereka mungkin bisa mengadakan pernikahan berkonsep drive-in agar bisa menampung ribuan orang sekaligus.

 

Lama-lama karena lamaran itu kian menggila, Suga pun mulai pasrah. Begitu melekatnya kalimat ini hingga member BTS lainnya (seperti Jimin, V, Jungkook, dan J-Hope) sering sengaja membacakan komentar tersebut untuk menggoda Suga saat mereka sedang live bersama. Suga biasanya hanya bisa tersenyum malu-malu, menghela napas pasrah, atau bergumam, "Ah, ini 'Marry Me' muncul lagi," yang justru membuatnya terlihat semakin menggemaskan.

 

Kini, di usianya yang sudah kepala tiga, Suga kian matang. Dalam beberapa interaksi yang lebih baru, ia sempat merenungkan usianya yang kini sudah menginjak kepala tiga. Suga sempat berseloroh bahwa ia menyadari dirinya kini telah mencapai usia yang memang sudah pantas untuk membina rumah tangga. Bisa ditebak, sekte YMM pun makin bertambah saja anggotanya.

 

Pada akhirnya, fenomena "Yoongi Marry Me" bukan sekadar kegilaan sesaat, melainkan sebuah bentuk apresiasi tertinggi dari ARMY terhadap karakter Min Yoon-gi. Ia membuktikan bahwa kedewasaan, keterampilan praktis, kepedulian yang tulus, dan kestabilan emosi jauh lebih memikat dan tahan lama dibandingkan sekadar ketampanan visual semata.

 

suga bts love

Komentar

0 Komentar