Hindari Memberikan 5 Makanan Ini Pada Bayi Di Bawah Usia Satu Tahun

  • Administrator
  • Minggu, 21 Agustus 2022 10:25
  • Parenting

Ketika memasuki usia enam bulan dan sudah mulai MPASI, mom pasti excited untuk memberi dan menyiapkan asupan bernutrisi bagi si kecil.

Namun, mengingat di usia dini ini organ pencernaan si kecil juga sedang berkembang, mom mesti perhatian pada jenis makanan yang harus dihindari. Seperti beberapa jenis makanan berikut ini yang jangan diberikan pada bayi usia di bawah setahun:

Madu

Madu bisa mengandung bakteri Clostridium botulinum yang bisa menghasilkan spora botulinum yang bisa menyebabkan konstipasi, kelemahan otot, kesulitan menyusu hingga kelumpuhan pada bayi.

Susu Sapi

Bayi sedang mengembangkan organ pencernakannya sehingga ada protein, enzim dan beberapa mineral yang terdapat dalam susu sapi tidak bisa dicerna oleh bayi. Hal ini bisa merusak ginjal si kecil. karena itu, tetaplah setia dengan menyusui atau dengan susu formula.

Sitrus

Buah sitrus-sitrusan seperti jeruk memang kaya Vitamin C. Namun, sitrus juga bisa menyebabkan meningkatkan asam lambung. Jadi, tunda dulu memberi sitrus-sitrusan pada bayi di bawah suaia setahun ya, Mom.

Seafood

Seafood dan kerang-kerangan bisa menjadi sumber alergi pada bayi. Karena itu, sebelum memberikan makanan hasil laut kepada si kecil, berkonsultasilah dengan dokter anak terlebih dahulu. Meski itu Mom ingin memberikan ikan tuna, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu.

Putih Telur

Berbeda dengan kuning telur, putih telur bisa menjadi sumber pencetus alergi. Karena itu, mesti waspada ketika akan memberikan putih telur pada si kecil.


 

alergi makanan mpasi bayi parenting kesehatan

Komentar

0 Komentar