BTS Unggah Bungeoppang Di IG Story, Ini Cerita Seru Kue berbentuk Ikan Snack Musim Dingin Favorit Orang Korea

  • Administrator
  • Senin, 17 Januari 2022 18:57
  • Food

Foto: Instagram Jin BTS.

 

Instagram empat members BTS hari ini sama-sama mem-posting bungeoppang yang membuat followers-nya menelan ludah. Para anggota group Kpop yang sedang rehat sementara ini tampaknya sedang berkumpul, dan di meja disuguhkan dua piring bungeoppang. Jin, RM, JHope dan Jungkook sama-sama mengunggah jajanan yang juga populer bagi pencinta Kdrama, mengingat jajanan berbentuk ikan ini sering sekali muncul dalam adegan drama Korea. 

Bungeoppang, kue berbentuk ikan dengan isian dari pasta kacang merah manis ini merupakan jajanan kaki lima favorit orang Korea di musim dingin. Meski bernama bungeoppang atau ikan mas, namun kue ini sama sekali tidak mengandung ikan, lho. Jadi nama disematkan hanya karena bentuknya saja. Bungeoppang yang biasa dijajakan di gerobak kaki lima ini menjadi favorit semua generasi di Korea, dari generasi tua maupun generasi muda masa kini. 

Gerobak kaki lima atau pojangmacha menjadi keunikan tersendiri bagi lanskap kuliner Korea. Dengan dilengkapi tempat memasak yang terbuat dari pemanggang besi, aroma adonan yang terbakar menguar, menggoda pembeli berdatangan. Bungeoppang juga berharga murah. Saat ini, penjual bungeoppang dikutip dari Korea.net kian banyak. Harganya pun naik berlipat-lipat. Bila 10 tahun lalu, hanya dengan 1000 won (sekitar 12.000 rupiah) bisa memperoleh lima sampai 10 kue, saat ini uang segitu hanya bisa mendapatkan dua atau tiga kue saja. 

Sebagai tradisi masyarakat Korea, kue ikan ini ternyata juga digunakan untuk melihat kepribadian seseorang. Bila makan kue ini dari kepalanya terlebih dahulu, orang tersebut memiliki karakter pemimpinan yang kuat. Sedangkan bila memakan kue dimulai dari ekornya, orang itu dianggap memiliki kebijaksanaan. Bila makan dari perutnya terlebih dahulu, orang tersebut dianggap pintar bersosialisai dan bila makan dari bagian punggung terlebih dahulu, orangnya menyukai kesendirian dan kontemplasi. Menarik ya!

Dari segi rasa, bungeoppang juga terus berkembang. Meski bentuknya sama namun kini isinya bisa mecam-macam. Isi originalnya adalah pasta kacang merah manis namun saat ini karena dipopulerkan acara televisi isian keju juga kian disukai. Tepung untuk adonannya pun juga kini bisa terbuat dari tepung ubi jalar. 

bts bungeoppang korea kue ikan

Komentar

0 Komentar